Pendidikan merupakan kegiatan mendasar yang bersifat driving-force untuk terciptanya pembangunan yang bermaslahat bagi kesejahteraan manusia dalam kondisi lingkungan hidup yang baik. Hal ini disebabkan karena melalui pendidikan dapat dihasilkan manusia (sebagai pelaku pembangunan) yang berilmu, berbudaya, bermartabat, dan berakhlak mulia sebagai modal utama bagi pelaksanaan pembangunan suatu negara.

Salah satu bidang ilmu yang merupakan sub-gugus dari pendidikan ini adalah pendidikan kehutanan bidang konservasi sumberdaya hutan. Seperti kegiatan pendidikan di bidang ilmu lainnya, pendidikan di bidang ilmu ini juga diarahkan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang konservasi sumber daya hutan sesuai dengan strata pendidikannya (diploma, S1, S2, S3). Agar efektif dan efisien serta hasil pekerjaannya dapat dipertanggungjawabkan, seyogyanya seorang lulusan ditempatkan pada bidang pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi/keahliannya yang tercermin dari strata pendidikan yang diikuti oleh lulusan tersebut. Sehubungan dengan itu, dalam tulisan ini akan dikemukakan kompetensi minimal apa yang seyogyanya dimiliki oleh seorang lulusan strata S1 bidang konservasi sumberdaya hutan.

[Full text]

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.